Monday, February 4, 2013

8 Destinasi Wajib Saat Liburan ke Kuala Lumpur


detikTravel Community - 

Belum lengkap rasanya kalau pergi ke Malaysia tanpa menikmati indahnya arsitektur di Kuala Lumpur. Semua bisa dinikmati dengan berkeliling kota. Berikut 8 destinasi yang tak boleh terlewatkan di Ibukota Malaysia.

Siapa yang tak mau jalan-jalan ke Malaysia, gratis pula. tentunya tak ada yang mau melewatkan kesempatan itu bukan? Saya adalah satu dari 5 pemenang lomba "Gowes Keliling Malaysia" yang diadakan oleh detiktravel dan Tourism Malaysia.

Selain bersepeda, agenda yang tidak boleh dilewatkan selama di Malaysia adalah city tour atau tur keliling kota. Kuala Lumpur menjadi tujuan kita untuk city tour di Malaysia. Menjejak kaki di Kuala Lumpur tak lepas dari mengagumi banyaknya bangunan megah dengan arsitektur yang menawan. Inilah beberapa tempat yang kita datangi selama city tour di Kuala Lumpur:

1. Istana Negara

Istana Negara atau National Palace adalah bangunan tempat tinggal Raja Malaysia. Berlokasi di Jalan Duta Kuala Lumpur, bangunan ini resmi menjadi istana nasional pada bulan November 2011, menggantikan istana lama (old palace) yang terletak di Jalan Istana.

Bangunan ini berdiri tegak di atas tanah 97.65 hektar dan didesain dengan gaya tradisional Malaysia dengan ciri khas Islam. Bangunan ini terdiri dari 22 kubah dengan bangunan utama yang memiliki tinggi 40 meter. Dua kubah utama dihiasi motif daun sirih yang tak hanya bersinar pada malam hari tetapi juga berubah warna sesuai kondisi cuaca. Unik ya!

2. National Monument


National Monument atau Tugu Negara adalah salah satu bangunan bersejarah di Kuala Lumpur, yang terletak di Jalan Parlimen. Bangunan megah dengan hiasan prajurit perang yang terbuat dari perunggu ini didesain oleh arsitek terkenal Felix de Weldon. Monumen ini dibangun untuk mengenang jasa prajurit yang gugur di medan perang pada zaman penjajahan dahulu. Tak hanya patung prajurit, di sini juga terdapat tugu dan taman air mancur yang indah.

3. Kuala Lumpur Bird Park

Salah satu pusat konservasi burung terbesar di dunia ini resmi dibuka pada tahun 1991. Lokasinya strategis, hanya 10 menit dari pusat Kota Kuala lumpur dan mulai beroperasi pada jam 9.00 pagi sampai 20.00 malam.

4. National Mosque

Masjid Nasional ini dibangun pada tahun 1965 yang menjadi simbol Islam sebagai agama resmi di Malaysia setelah kemerdekaan. Masji ini dibangun di atas tanah seluas 13 hektar milik Tun Abdul Razak dan dilengkapi dengan taman yang indah. Masjid ini digadang-gadang sebagai masjid ter-modern di Asia Tenggara. Desain yang unik dengan atap berbentuk seperti payung lipat menunjukan aspirasi kemerdekaan dan lima pilar Islam.

5. Kuala Lumpur City Gallery

Menarik berada di Kuala Lumpur City Gallery. Tempat yang terletak di Jalan Raja ini banyak sekali menyimpan sejarah Malaysia dari tahun ke tahun. Berbagai foto, miniatur dan informasi lengkap tentang Malaysia semua ada di sini. Tak hanya itu, di sini juga wisatawan bisa melihat langsung pembuatan miniatur bangunan ciri khas Malaysia seperti Twin Towers dan lainnya.

Miniatur ini dibuat dari kulit kayu impor dengan detail dan bahan yang berkualitas. tak heran jika miniatur ini dijual dengan harga mahal. Selain itu, pengunjung juga bisa membeli oleh-oleh dari Arch Gift Shop di sini. Tak jauh dari sini, kita bisa melihat megahnya arsitektur bangunan yang berjejer sepanjang jalan, indah sekali.

6. Menggila di Beryl's Chocolate

Setelah mata dimanjakan oleh bangunan-bangunan yang menawan, kini saatnya kita memanjakan lidah dengan mengunjungi chocolate factory. Beryl's Chocolate adalah salah satu yang terkenal di Malaysia. Beragam variasi coklat dapat kita jumpai, satu yang khas dari toko coklat ini adalah chocolate tiramisu dengan almond. Hmmm... So yummy! Harga yang sedikit mahal, membuat Anda harus siap merogoh kocek dalam-dalam. Selamat belanja!

7. Central Market

Central Market adalah salah satu shopping market terkenal di Kuala Lumpur. Di sini pengunjung dapat membeli produk-produk lokal hasil kerajinan tangan dengan harga terjangkau seperti pakaian, sepatu, tas dan beberapa kerajinan tangan lainnya. Jangan takut untuk menawar karena harga yang ditawarkan sangat fleksibel.

8. Petronas Twin Towers


Bangunan yang berdiri anggun di Kuala Lumpur ini menjadi ikon terkenal Malaysia. Dengan struktur yang berkilauan terbuat dari baja dan kaca menjadikan bangunan ini tampak indah di malam hari. Terdiri dari 86 lantai, pengunjung dapat melintasi "Skybridge" di lantai 41. Tempat ini wajib dikunjungi jika kita melancong ke Malaysia.

So, buat kalian yang hendak melancong ke Negeri Jiran, jangan lewatkan agenda wajib selama di Malaysia dengan menikmati asiknya keliling Kuala Lumpur. Jangan lewatkan juga artikel selanjutnya tentang serunya Gowes Keliling Malaysia!

0 komentar:

Post a Comment