Saturday, January 26, 2013

Saksikan! Pemecahan Rekor Berselancar di Gelombang Bono, Riau


Pekanbaru - Banyak peselancar dunia dibuat penasaran oleh gelombang Bono di Sungai Kampar, Riau. Pada 9-16 Februari 2013 mendatang, peselancar asal Inggris siap pecahkan rekor selancar terlama dan terpanjang di gelombang Bono.

Kalau selancar biasa dilakukan di laut, lain halnya dengan yang satu ini. Gelombang Bono adalah sebutan untuk ombak di Sungai Kampar, Kelurahan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Riau. Gelombang ini menjadi primadona dengan sebutan Seven Ghost (Gelombang Tujuh Hantu). Nama gelombang Bono pun sudah populer dikalangan peselancar lokal maupun internasional.

Salah satu peselancar dunia asal Inggris, Steve King penasaran untuk mencoba dahsyatnya gelombang Bono. Selain berselancar, King juga akan mencoba memecahkan rekor berselancar dengan jarak tempuh terpanjang dan terlama di atas gelombang Bono. Nantinya momen ini akan dicatat dalam Guinness World Records, seperti dikutip dalam rilis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sabtu (26/1/2013).

Dalam pemecahan rekor ini, Steve King akan ditemani dua peselancar lainnya dari Inggris yaitu Steve Holmes dan Nathan Maurice. Selain itu, ada pula dua peselancar asal Prancis, yakni Fabrice Colas dan Dominique Avrilleau.

"Untuk pemecahan rekor ini saya atas nama Pemerintah Kabupaten Pelalawan sangat mendukung. Ini artinya gelombang Bono yang ada di Sungai Kampar akan lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia dan juga internasional," ujar Bupati Pelawan, H M Harris.

Pada 30 Maret 2006, Steve King berhasil mencatatkan namanya dalam Guinness World Records. Ia berselancar dengan waktu terlama dan jarak terpanjang di atas Sungai Severn Bore, Inggris. Tercatat, King mampu menempuh jarak 12,23 Km ditambah 2,66 Km, dengan waktu tempuh 1 jam 6 menit.

Hisam Setiawan, salah seorang pemerhati gelombang Bono, Fabrice Colas dan Dominique Avrilleau kan adatang lebih awal ke Teluk Meranti. Mereka akan tiba pada Rabu, 6 Februari 2013 nanti. Steve King dan para peselancar lain akan menuju lokasi pada Jumat, 8 Februari 2013. Setiap harinya semua aktivitas berselancar dengan gelombang Bono akan selalu direkam sebagai bukti untuk memperoleh rekor Guinness World of Record.

0 komentar:

Post a Comment