Saturday, January 5, 2013

Melayang di Atas Hamparan Hijau Alam Jawa Tengah


detikTravel Community - 

Keindahan alam bisa dinikmati dengan beragam cara. Salah satunya adalah dengan melihat dari ketinggian. Tak hanya berdiri di puncak, terbang bersama paralayang di Karanganyar pun jadi cara asyik menikmati alam Jateng.

Di bulan Februari, saya untuk pertama kalinya merasakan paralayang di tempat yang masih sangat asri. Saya ingin menceritakan sedikit pengalaman saya saat berlatih paralayang di daerah Kemuning Karanganyar tepatnya sebelum Tawangmangu belok kiri dari arah Solo menuju arah Gunung Lawu.

Tempat yang kami kunjungi untuk berlatih adalah Kemuning. Berada di perbukitan kebun teh yang sangat indah dan jauh dari tempat tinggal masyarakat. Saya bersama teman-teman club paralayang harus mengendarai mobil offroad karena jalannya sempit dan licin.

Perjalanan ditempuh selama dua jam dari Kota Yogyakarta berbuah hasil yang manis. Karena semampainya di sana, kami disambut oleh udara yang segar dan pemandangan yang luar biasa indah. Senyum para pemetik teh menyambut kedatangan kami di sana.

Kami memutuskan camping di landing area karena lokasi menuju pemukiman penduduk lumayan curam dan cuaca yang tak bersahabat di malam hari, tanpa listrik, hujan deras.

Di kemuning terdapat 2 take off area untuk berlatih paralayang yaitu level 1 dan level 4. Karena saya masih siswa saya takeoff dari bukit level 1.

Selama 3 hari saya dan teman - teman menghabiskan waktu untuk berlatih harus berpuas mendapatkan hanya beberapa belas shorty (hitungan terbang).

Wisata ini mungkin belum terlalu terkenal untuk umum karena hanya atlit paralayang yang biasa mengeksplor tempat ini. Saya harap pemerintah bisa lebih mempromosikan wisata ini, membangun jalan yang lebih bagus sehingga akses lebih mudah.

0 komentar:

Post a Comment