Wednesday, January 16, 2013

Begini Meriahnya Jalanan Tua di Taiwan


detikTravel Community - 

Sanxia Old Street adalah tempat unik yang menjadi tujuan wisatawan di Distrik Sanxia, Taiwan. Jejeran pedagang makanan khas Taiwan terlihat di sepanjang jalan ini. Adanya beberapa pertunjukan, menambah kemeriahan jalan tua ini.

Jangan kaget! Bila baru pertama kali ke sana, Anda akan merasa bahwa tempat ini sangat jauh. Untuk menuju ke sana Anda harus naik MRT ke Ban Qiao. Setelah sampai di sana, barulah Anda naik bus menuju Sanxia.

Satu hal yang menyenangkan di Taiwan adalah kemudahan saat kita para wisatawan ingin naik bus umum. Tidak perlu susah-susah bertanya atau takut nyasar karena untuk menaiki bus di Taiwan kita hanya tinggal melihat jalurnya saja. Ya, kalau nanti tersasar, bisa mengetahui di mana Anda berada. Untuk menuju Sanxia Anda bisa menggunakan bus dengan nomor 705 atau 612.

Selain itu, orang-orang Taiwan yang terkenal dengan keramahannya, terutama sopir busnya senantiasa membantu Anda bila mengalami kesulitan dalam perjalanan. Naik bus dari Ban Qiao ke Sanxia memerlukan waktu kurang lebih 1 jam. Tarif busnya juga tidak terlalu maahal hanya 15 NTD sekitar Rp 4.661.

Sanxia merupakan jalan tua di Taiwan. Bila berjalan di sana, Anda akan merasa kembali ke masa lalu. Di sini Anda bisa melihat segala sesuatu yang berbau unik dan antik. Saat akhir pekan, jalan ini dipenuhi oleh wisatawan dan pedagang yang menjual makanan khas Taiwan. Jadi, untuk Anda yang tidak suka keramaian sebaiknya tidak datang pada hari libur. 

Di sini Anda bisa mencicipi berbagai macam makanan yang unik dan pastinya nikmat. Contohnya saja ada bihun dengan daging babi iris yang rasanya sangat lezat dan nikmat. Bihun yang digunakan di sini beda dengan di Jakarta, di sini bihunnya pendek-pendek. Untuk satu porsi bihun ini harganya 25 NTD atau kurang lebih sekitar Rp 7.500.

Bila tidak mau makanan berat, Anda bisa mencoba es krim yang sangat terkenal di sepanjang jalan ini. Es krim ini dikenal dengan nama es krim green tea khas Sanxia.

Es krim ini memiliki keunikan dari cone-nya yang berbentuk kepala banteng. Namun, sayangnya harga es krim ini agak mahal sekitar 95 NTD kurang lebih Rp 30.000. Rasanya memang tidak terlalu istimewa, tapi itu adalah salah satu es krim yang terkenal. Jadi sah-sah saja bila Anda ingin mencobanya.

Tidak hanya itu, di sini juga ada 3-4 toko yang menjual roti kepala banteng. Bila Anda ingin mencicipi roti ini ada satu toko yang bisa menjadi pilihan Anda, yaitu Quan Sanxia Niu Jiao.

Pada bagian depan toko ini terdapat patung sapi. Harga per roti yang dijual oleh toko ini sekitar 20-25 NTD atau sekitar Rp 7.500. Perlu Anda ketahui, kebanyakan orang Taiwan suka dengan makanan yang kenyal dan legit. Jadi, di sini sangat banyak terdapat makanan yang kenyal.

Kalau saja Anda beruntung, di Sanxia sering diadakan perayaan. Perayaan ini mirip seperti menggotong Toa Pe Kong di Jakarta. Banyak arak-arakan dan diiringi tabuh-tabuhan gendang. Perayaan ini tidak diadakan setiap hari dengan kata lain hanya hari-hari tertentu saja.

Menginjakan kaki di Sanxia Old Street, jangan lupa untuk mengunjungi vihara di sini. Vihara di sini memiliki arsitektur yang bagus, berhias pilar-pilar cantik penuh dengan ukiran. Begitu pula dengan atapnya.

Bagi Anda yang suka menikmati jalanan kota tua, tempat ini dapat menjadi alternatif. Terlebih banyak makanan kecil, tempat menjual mainan dan suvenir.

0 komentar:

Post a Comment