Tuesday, December 25, 2012

Telinga Tertusuk Ikan Terbang, Turis Australia Nyaris Tuli


Cairns - Ini kejadian langka, namun fatal. Seorang turis yang sedang berenang di Port Douglas, Australia, kupingnya tertusuk moncong ikan garfish yang tajam. Dia pun nyaris tuli akibat kejadian ini.

Julie Fison (46) asal Brisbane, sedang berenang di laut berkedalaman 1 meter saja di Port Douglas, Australia. Seekor ikan kecil melompat dan moncong tajamnya seperti jarum sepanjang 2,5 cm menancap ke gendang telinga. Aduh!

Fison dilarikan ke rumah sakit dan menjalani operasi pembedahan di Cairns Base Hospital. Dokter mengambil patahan moncong ikan yang seperti duri itu. Fison menderita kelumpuhan muka. Dia tidak bisa mengedipkan mata dan tersenyum selama sebulan setelah kejadian.

"Saya kaget, kepala saya terhantam keras. Saya jatuh dan keluar darah dari telinga," kata Fison.

Setelah itu pun, Fison harus menjalani aneka terapi untuk memulihkan pendengaran dan syarafnya. Dia disebut-sebut sebagai orang pertama di Australia yang pernah tertusuk ikan di telinganya. Ikan ini adalah garfish, seekor ikan dengan moncong panjang dan tajam seperti jarum. Ikan ini punya kebiasaan melompat dari air.

"Pendengaran saya dan kuping saya belum pulih. Katanya butuh 6 bulan untuk sembuh," ujar Fison.

Seperti dilansir News Australia, Minggu (23/12/2012) Fison merasa beruntung. Ikan sejenis yang lebih besar menusuk nelayan di Torres Strait sampai tewas. Queensland bagian utara memang punya banyak hewan berbahaya termasuk buaya, hiu macan dan ubur-ubur.

"Banyak hal berbahaya di alam liar, dan ikan garfish kecil tidak ada dalam bayangan saya. Ini kejadian yang sangat jarang, dalam sekejap mata hidup Anda berubah gara-gara diserang ikan yang kecil," kata Fison.

0 komentar:

Post a Comment