Tuesday, December 11, 2012

Si Merah Ini Hanya Ada di Papua


detikTravel Community - 

Bentuknya seperti buah nangka, namun lebih panjang dan ramping. Dagingnya berwarna kuning serta kulit buahnya berwarna merah darah. Inilah buah merah, yang kabarnya hanya tumbuh di daerah Papua dan sekitarnya.

Siang itu seorang pemuda di Kampung Obia, Kota Wamena, membawa dua buah merah ke dalam honai kami. Ia menawarkan, apakah kami ingin membelinya untuk dibakar bersama dengan ubi dalam upacara bakar batu yang diselenggarakan siang itu? Karena penasaran dengan rasanya, kedua buah itu kami beli dan langsung dibersihkan.

Awalnya saya pikir buah merah bisa langsung dimakan seperti buah nangka. Namun ketika pemuda itu mulai membersihkan buah merah, saya baru tahu jika buah ini hanya bisa dikonsumsi melalui proses pengolahan.

Untuk mengonsumsi buah merah, buah harus dibelah menjadi dua kemudian daging buahnya dibersihkan hingga tersisa kulit luar. Biasanya, warga Kampung Obia memotong daging buah merah menggunakan pisau tulang babi. Daging buah berwarna putih kekuningan dan tidak bisa dimakan. Daging buah ini dikeruk menggunakan sendok untuk kemudian langsung dibuang.

Setelah itu buah merah dibersihkan dan langsung dibakar bersama ubi-ubian dalam kegiatan bakar batu dan diletakkan di bagian yang paling atas. Setelah nantinya matang, buah merah belum bisa dimakan, namun masih harus diolah lagi untuk dijadikan kuah sayur.

Setelah buah merah dirasa cukup matang, barulah buah merah diperas dan air perasannya direbus untuk dijadikan kuah sayur. Biasanya, sayuran lain yang menjadi teman buah merah adalah pakis atau daun ubi. Dijamin sehat dan enak!

Selain dijadikan kuah sayur, buah merah biasanya juga diperas dan diambil sarinya untuk dijadikan minuman obat. Kabarnya, buah merah ini memiliki banyak khasiat di antaranya menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan stamina tubuh. Wah, tidak heran ya kalo masyarakat Papua terkenal kuat dan sehat.

Yang istimewa dari buah merah adalah ia hanya tumbuh di beberapa provinsi di Papua, seperti di Wamena, Nabire, Jayapura, dan Manokwari. Jika mau menjadikannya sebagai oleh-oleh, kita bisa membeli sari buah merah yang sudah dikemas secara modern. Praktis dan sehat loh!

0 komentar:

Post a Comment