Wednesday, December 5, 2012

Liburan Akhir Tahun di Puncak, Ada Apa?


Bogor - Puncak menjadi salah satu tempat favorit traveler untuk berlibur, apalagi saat akhir tahun. Banyak tempat wisata dengan beragam kegiatan seru di sana, mulai dari melihat binatang yang lucu, hingga basah-basahan dengan sepeda air. Seru!

Sudahkah Anda merencanakan tujuan berlibur di akhir tahun? Jika masih bingung, datang saja ke Puncak, Jawa Barat. Ada beberapa destinasi wisata di sana untuk mengisi liburan Anda. Dari bermain dengan binatang yang lucu, basah-basahan dengan sepeda air, sampai belanja susu yang segar.

"Menjelang akhir tahun kita punya karnaval. Biasanya acara ini dilakukan saat siang hari menjelang pergantian tahun, nanti ada karnaval baju-baju adat, atraksi, marching band, dan juga memperkenalkan wahana-wahana di dalam Taman Wisata Matahari," kata Humas Taman Wisata Matahari, Teja Purwardi saat dihubungi detikTravel, Rabu (5/12/2012).

Taman Wisata Matahari merupakan salah satu destinasi favorit di Puncak. Tempat rekreasi ini beralamat di Jl Raya Puncak Bogor. Di dalamnya, wisatawan dapat mencoba beberapa permainan seru, seperti outbound, waterpark, perahu naga, sepeda air, dan masih banyak lagi.

"Harga tiket selama liburan akhir tahun, dari tanggal 21 Desember 2012 sampai 5 Januari 2013 adalah sebesar Rp 15 ribu saja," lanjut Teja.

Masih belum puas? Kini saatnya bergeser ke Taman Safari Cisarua, Bogor. Berlokasi di Jl Raya Taman Safari, Cisarua Puncak-Bogor, tempat ini tak pernah sepi dari pengunjung. Saat menjelang liburan akhir tahun, Taman Safari Cisarua pun punya banyak kejutan. Di sana telah hadir satwa baru yaitu snow leopard atau macan tutul salju.

"Untuk akhir tahun ini kami mendatangkan satwa baru, semacam macan tutul salju dari himalaya. Ini kita datangkan dari kebun binatang di Jerman. Setelah proses karantina, kini pengunjung sudah dapat melihatnya," kata humas Taman Safari Cisarua, Yulius H Suprihardo kepada detikTravel.

Selain itu, ada kejutan lainnya dari Taman Safari Cisarua, yaitu kegiatan Safari Malam selama seminggu penuh. "Untuk tanggal 22 sampai tanggal 31 Desember Safari Malam buka terus. Biasanya hanya hari sabtu saja, karena akhir tahun kita buka seminggu terus-terusan," tambah Yulius.

Selama akhir tahun, harga tiket Taman Safari juga akan berubah. Harga tiketnya menjadi Rp 140 ribu untuk umur 6 tahun ke atas selama tanggal 22-31 Desember 2012.

"Dengan membeli tiket, berarti sudah termasuk dapat naik 24 wahana permainan dan 9 pertunjukan gratis!" ujar Yulius.

Akan tetapi, belum lengkap rasanya ke Puncak kalau belum mampir ke Cimory. Di sini, Anda akan dibawa kembali ke alam dengan udaranya yang segar dan pemandangan yang hijau. Aneka susu dan yoghurt yang segar pun dapat Anda cicipi di sini.

"Tanggal 1 Januari kita tetap buka dari pagi seperti biasa, pukul 08.00 pagi sampai pukul 22.00 malam. Biasanya pengunjung ke sini datang untuk makan dan belanja. Kita juga ada shop untuk oleh-oleh, seperti botol dan yoghurt," kata Humas Cimory, Ronny R.

Ronny menambahkan, biasanya pengunjung yang datang ke Cimory lebih banyak tanggal 1 Januari. Jadi setelah menghabiskan malam Tahun Baru, pengunjung datang ke Cimory untuk berbelanja dan makan-makan.

"Malam tahun baru kita tutup dari sore, biasanya pukul 17.00 sore. Besoknya justru ramai, apalagi orang dari Jakarta," lanjut Ronny.

Tak heran, Puncak pun menjadi destinasi yang lengkap untuk liburan akhir tahun. Selain letaknya yang tidak jauh dari ibukota, Anda bisa datang ke berbagai destinasi wisata yang menarik. Namun, ada beberapa pesan dari polisi yang harus Anda perhatikan saat berlibur ke Puncak.

Menurut Kapolsek Cisarua, Kompol Hadi Santoso saat dihubungi pada kesempatan berbeda, beberapa kawasan wisata di Puncak akan dipadati pengunjung saat akhir tahun. Tempat-tempat seperti Taman Safari, Taman Wisata Matahari, dan kawasan Puncak lainnya pasti ramai.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk memperhatikan rambu-rambu lalu lintas dan harap mematuhi peraturan. Serta bersabar saat di jalan dan mau antre," kata Hadi.

Selain itu, Hadi juga mengingatkan kepada para wisatawan yang berkunjung ke Puncak. "Baiknya menjaga barang-barang agar tidak hilang, menjaga keselamatan diri, dan perhatikan anak kecil di bawah umur," tegasnya.

Isilah liburan Anda dengan datang ke destinasi-destinasi yang seru di Puncak, serta perhatikan keamanan dan keselamatan. Selamat berlibur!

0 komentar:

Post a Comment