Wednesday, December 19, 2012

Menparekraf Yakin Target Kunjungan Tembus 8,3 Juta Wisman


Jakarta - Menjelang akhir tahun, Kemenparekraf memaparkan pencapaian target kunjungan wisatawan mancanegara 2012. Menparekraf Mari Elka Pangestu optimistis target kunjungan 8 juta wisman tercapai, bahkan lebih.

Seperti diketahui, target kedatangan wisatawan mancanegara tahun 2012 adalah sebanyak 8 juta orang. Per Oktober 2012, jumlah kedatangan wisman adalah 6.583.629. Mari yakin, 2 bulan yang tersisa cukup untuk mencapai target bahkan melebihi itu.

"Pesimisnya, 8,3 juta dan optimisnya 9 juta wisman," kata Menteri Pariwisata Ekonomi dan Kreatif, Mari Elka Pangestu dalam acara Jumpa Pers Akhir Tahun 2012 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jl Medan Merdeka, Jakarta, Rabu (19/12/2012).

Menurut Mari, jumlah kunjungan November dan Desember belum bisa dihitung. "Tapi, jika kedatangan wisatawan statis seperti tahun lalu, target 8 juta bisa tercapai," ujar Mari.

Angka 6,5 juta wisman hingga Oktober ini menandakan, pertumbuhan ekonomi pariwisata naik sebanyak 5 persen dibanding tahun lalu. "Pertumbuhan pariwisata global tahun ini adalah sekitar 3 sampai 4 persen, sedangkan Indonesia mencapai 5 persen," lanjut Mari.

Sedangkan untuk lama tinggal wisatawan di Indonesia sedikit menurun dari tahun lalu. Tahun ini, jangka waktu liburan wisatawan selama rata-rata 7,7 hari. Angka tersebut lebih kecil 1,79 persen dibanding tahun lalu yang sebesar 7,84 hari. Menurut Mari, hal ini dikarenakan adanya krisis ekonomi di Eropa.

Untuk wisatawan dalam negeri atau wisatawan nusantara (wisnus), estimasi angkanya adalah 245 juta. Ini berarti naik sebesar 3,81 persen dibanding tahun lalu yang sebesar 236 juta perjalanan wisnus. Rencananya, jika target 8 juta tercapai, akan ada target baru untuk tahun mendatang.

0 komentar:

Post a Comment